Cara Aman Minum Kopi Agar Tak Ganggu Kesehatan

Read Time2 Minutes, 18 Seconds

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi sudah menjadi rutinitas yang tak bisa ditinggalkan. Tak jarang beberapa orang setelah bangun tidur langsung mengonsumsi kopi.

Saat kerja pun, kamu selalu memasukkan minuman pendamping seperti kopi. Alasan orang memilih minuman ini adalah untuk mendapatkan semangat yang lebih saat menjalankan kegiatan.

Namun sayangnya, tak banyak yang tahu atau peduli mengenai cara minum kopi yang aman dan sehat. Hal ini mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan manfaat dari kopi untuk tubuh, jika salah dalam mengonsumsinya maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Agar kamu tak mengulangi kesalahan yang sama dalam mengonsumsi kopi, kami telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara aman mengonsumsi kopi agar tak ganggu kesehatan tubuh.

Minum Air Putih Terlebih Dahulu

Tak sedikit orang yang sudah terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada pada kopi itu bersifat diuretic alias memicu kehilangan cairan.

Nah, kalau kamu terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya, maka risiko dehidrasi bisa muncul. Oleh karena itu, kini kamu bisa membiasakan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi.

Seperti yang telah dianjurkan bahwa setiap orang setidaknya mencukupi kebutuhan cairannya dengan air sebanyak delapan gelas setiap hari agar tidak dehidrasi.

Batasi Penggunaan Pemanis Buatan

Cara aman minum kopi selanjutnya adalah dengan tidak menambahkan pemanis buatan pada hidangan kopimu. Pasalnya, pemanis buatan seperti gula putih, susu, dan krim mampu menaikkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak bisa lepas dari mengonsumsi kopi, alangkah baiknya untuk mengurangi bahkan menghindari asupan pemanis buatan ke dalam campuran kopi.

Kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pemanis alami seperti kayu manis, jahe, pala, dan cengkeh. Selain menambah rasa dan aroma pada kopi, rempah-rempah ini bisa meningkatkan asupan anti oksidan.

Batasi Konsumsi Kopi dalam Sehari

Bagi penggemar kopi memang cukup sulit untuk membatasi jumlah mengonsumsi kopi. Namun mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh. Dimana jantung bisa berdebar-debar sehabis mengonsumsi kopi. Kamu perlu membatasi asupan kopi sehari sebanyak 2 hingga 3 cangkir saja.

Pasalnya, dalam satu cangkir kopi mengandung 100 mg kafein dan dalam porsi sewajarnya kamu dianjurkan untuk kurang dari 500 mg kadar kafein agar tetap aman.

Saring Dengan Kertas Khusus

Membuat kopi dengan menyeduhnya menggunakan kertas saring khusus kopi ternyata dapat mengurangi kadar kafein. Namun jangan khawatir zat-zat yang lain khususnya antioksidan tidak akan hilang dengan cara penyeduhan ini.

Tidur Siang Sebelum Minum Kopi

Bila kamu menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang 20-30 menit, kamu bisa jadi akan bangun dengan perasaan yang lebih segar. Lakukan hal ini pada siang hari, misalnya saat sedang istirahat dari kerja atau apapun aktivitas kamu. Sebaiknya, hentikan konsumsi kopi sejak enam jam sebelum tidur. Biarkan tubuh kamu benar-benar beristirahat dari asupan pembangkit energi apapun seperti kopi. (Nisa Ms)

1 0
100 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *